Sabtu, 01 Januari 2022

Pengertian, Cara Menghitung dan Cara Mengetahui NJOP Tanah 2016

Tidak banyak orang yang tahu mengenai cara mengetahui NJOP tanah. NJOP tanah sendiri merupakan salah satu bagian dari pajak yang memang tidak banyak orang yang mengetahuinya. Dibandingkan dengan PBB atau jenis pajak lainnya, istilah NJOP memang kurang populer. Jika Anda baru mendengar NJOP, mungkin Anda ingin mengetahui apa itu NJOP tanah dan bagaimana cara menghitung NJOP tanah 2016. Jika iya, silakan saja simak pembahasan berikut ini agar Anda semakin paham mengenai apa itu NJOP tanah dan bagaimana cara menghitungnya.

cara menghitung njop tanah,cara menghitung njop per meter,cara mengetahui njop tanah online,harga jual tanah,harga tanah di suatu daerah,njop tanah,njop meter adalah,contoh njop tanah,
Cara Mengetahui Password Email Yahoo
NJOP sendiri merupakan singkatan dari Nilai Jual Objek Pajak. Pengertian dari NJOP adalah harga rata-rata yang diperoleh dari kegiatan jual beli yang dilakukan dengan wajar. Jadi NJOP tanah adalah harga rata-rata yang diperoleh dari kegiatan jual beli tanah yang dilakukan dengan wajar. Artinya kegiatan jual beli tersebut bukan atas paksaan ataupun curian. Lalu, bagaimana cara mengetahui NJOP tanah itu sendiri? Cara menghitungnya cukup sederhana karena merupakan harga rata-rata. Jika tidak ada kegiatan jual beli tanah maka NJOP ditentukan berdasarkan perbandingan harga dan objek pajak dari perolehan nilai baru.

NJOP dihitung berdasarkan harga per meter persegi dan merupakan harga rata-rata. Setiap bagian tanah sendiri dapat ditawarkan dengan harga yang berbeda. Dengan begitu, harga per meter persegi setiap tanah memiliki nilai yang berbeda-beda. Cara menghitung harga tanah per meter persegi sendiri dapat dilakukan dengan mudah. Setelah diketahui harga tanah per meter persegi, maka carilah harga rata-ratanya yaitu sebagai NJOP tanah. Itulah cara mengetahui NJOP tanah secara sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri tanpa bantuan para ahli.

Sebagai contoh, tanah yang dekat dengan jalan akan dijual dengan harga lebih mahal untuk setiap tanah per meter perseginya. Sementara untuk tanah yang jauh dari jalan akan ditawarkan dengan harga yang lebih murah per meter perseginya. Hal tersebut tidak akan menjadi masalah karena NJOP tanah dihitung berdasarkan harga rata-ratanya. Itulah contoh NJOP tanah yang mungkin dapat membantu Anda dalam memahami bagaimana cara menghitung NJOP tanah. Sementara untuk mengetahui NJOP sendiri, syarat-syaratnya yaitu sebagai berikut:

- Pemohon haruslah mengajukan permohonan secara tertulis.

- Cara mengetahui NJOP tanah lainnya yaitu menyerahkan bukti bahwa objek pajak merupakan milik pemohon.

- Jika objek pajak bukan milik pemohon maka pemohon harus membawa surat kuasa.

- Menyerahkan surat pernyataan bahwa permohonan tersebut adalah untuk kepentingan perpajakan dan bukan untuk kepentingan yang lain.

Penting untuk Anda ketahui, NJOP tanah tidak digunakan untuk menentukan harga dari suatu tanah. Melainkan digunakan untuk menentukan atau mengetahui pajak dari suatu tanah. Karena harga tanah setiap tahunnya dapat berubah-ubah maka untuk menghitung NJOP sendiri sebaiknya dari data yang terbaru. Proses perbandingan harga sendiri sebaiknya dilakukan secara seobjektif mungkin. Demikian yang dapat disampaikan mengenai apa itu NJOP, cara mengetahui NJOP tanah dan cara menghitungnya.