Sabtu, 01 Januari 2022

Cara Mengetahui NIS Nasional Lewat Internet

NIS Nasional atau Nomor Induk Siswa Nasional yang disingkat NISN merupakan kode pengenal dari para peserta didik yang dilakukan dengan menggunakan standar nasional. Pemberian kode atau nomor ini dikelola oleh Kementrian Pendidikan Nasional. Seorang siswa akan memiliki NISN yang sama sejak ia berada di bangku SD hingga SMA atau SMK dan sederajat. Walaupun kita bisa mengetahui NISN ini dari sekolah tetapi cara mengetahui NIS nasional juga bisa dilakukan lewat internet atau online. 

nisn online,cara mencari nisn siswa yang sudah lulus,verval nisn,kartu nisn,nomor induk siswa sekolah,mencari nisn berdasarkan nama sekolah dasar,dan tempat tanggal lahir,nisn alumni,
Cara Mengetahui Suami Masih Cinta Atau Tidak
Nomor Induk Siswa Nasional diberikan dengan tujuan untuk mengidentifikasi masing-masing peserta didik diseluruh Indonesia secara konsisten, berkesinambungan dan standar. Nomor ini juga akan mendukung sistem Dapodik yang sangat bermanfaat dalam statistik, perencanaan dan pembuatan serta pelaksanaan program-program pendidikan di tingkat kota/kabupaten, Provinsi bahkan ditingkat pusat. Walaupun kebanyakan peserta didik biasanya hanya membutuhkan rekap data NISN ini pada saat akan melakukan ujian nasional saja. 

Cara Mengetahui NISN Lewat Internet
Siswa atau peserta didik akan mendapatkan NISN pertama kali saat berada di bangku SD. Nomor ini harus diserahkan pada UPT SMP atau SMA/SMK tempat dia melanjutkan pendidikan. Karena sistem NISN ini masih tergolong baru, maka beberapa masalah sering muncul. Diantaranya adalah tidak ditemukannya NISN tersebut oleh UPT SMP atau SMA. Karena permasalahan ini sering muncul, maka kementrian terkait memberikan kemudahan dengan menyediakan situs dan aplikasi sebagai salah satu cara mengetahui NIS Nasional. Adapun situs dan aplikasi tersebut adalah:

1. nisn.data.kemdikbud.go.id
Cara mengetahui NISN lewat internet yang pertama adalah dengan mengunjungi situs www.nisn.data,kemdikbud.go.id/page/data. Disana akan ditampilkan menu yang memungkinkan kita memilih pencarian dengan berdasarkan nama atau berdasarkan NISN. Karena kita ingin mengetahui NISN, tentu saja kita harus memilih ‘Pencarian Berdasarkan Nama’. Kemudian kita diminta memasukkan nama, lalu tempat lahir serta tanggal lahir. Pencarian NISN berdasarkan nama tempat tanggal lahir ini akan segera memberikan hasil setelah semua data yang dimasukkan terbukti valid. 

2. Aplikasi Cek NISN
Mencari NISN lewat situs Kemdikbud memang terkadang membutuhkan kesabaran, karena sering terjadi down. Tetapi ada alternatif lain yaitu dengan sebuah aplikasi android yang bisa diunduh melalui Google Playstore. Aplikasi tersebut bernama Cek NISN. Cara menggunakannya adalah dengan terlebih dulu mengunduh dan menginstal aplikasi. Setelah itu kita bisa melakukan langkah yang sama seperti pada situs Kemdikbud. 

Cara mengetahui NIS Nasional lewat internet tentu sangat membantu peserta didik. NISN memang sangat penting bagi siswa yang akan mengikuti ujian atau melanjutkan pendidikannya. Selain kasus NISN yang tidak ditemukan, ada juga kasus siswa yang belum memiliki NISN. Siswa tersebut seharusnya tidak perlu khawatir, karena dapat melakukan pengajuan untuk memperoleh NISN dengan dibantu pihak sekolah.