Sabtu, 01 Januari 2022

Prosedur Cara Mencari Nomor Kartu Keluarga Online Terbaru

Cara Mencari Nomor Kartu Keluarga - Identitas seseorang bisa dicek melalui nomor NIK atau nomor induk Kependudukan di KTP maupun Kartu keluarga. NIK ini bisa didapatkan atau diurus segera setelah anak dilahirkan. Hal ini agar nantinya anak tercatat sebagai bagian dari warga negara lengkap dengan hak-haknya. Masalahnya adalah jika suatu ketika Anda diharuskan mengisi form berisi nomor Kartu Keluarga, padahal Anda sedang tidak memegang salinan maupun KK asli, maka bagaimana cara mencari nomor kartu keluarga online?

cara membuat kk baru setelah menikah,keluarga online yang hilang,cara mengurus kk penambahan anggota keluarga baru,keluarga palsu,biaya pembuatan,cara pecah,syarat pindah kk antar propinsi,
Cara Mengetahui Kata Sandi Gmail Orang Lain
Nomor kartu keluarga biasanya juga berisi kode-kode seperti yang terdapat pada NIK. Mungkin Anda sudah mengetahui bagaimana cara mendapatkan Nomor Induk Kependudukan. Nah, NIK ini berisi nomor-nomor yang sebetulnya adalah kode, sehingga tidak dibuat secara sembarangan. 2 digit pertama pada NIK atau Nomor KK adalah kode provinsi, 2 digit kedua merupakan kode kabupaten, sedangkan 2 digit ketiga adalah kode kecamatan. 6 digit berikutnya merupakan kode kelahiran, berupa tanggal, bulan dan tahun. 4 digit terakhir adalah nomor urut registrasi. 

Jadi, dengan adanya kode-kode tersebut kita bisa mengetahui domisili dan identitas seseorang. NIK sendiri bersifat tetap atau permanen, jadi tidak bisa dirubah dan tidak mungkin NIK yang sama dimiliki oleh orang yang berbeda. Kembali ke bagaimana cara mencari nomor kartu keluarga online, nomor kartu keluarga adalah nomor yang terdapat dibagian atas kartu keluarga, terdiri atas kode-kode yang hampir sama dengan Nomor Induk Kependudukan. 

Jika Anda ingin mengetahui nomor kartu keluarga seseorang atau diri Anda sendiri, Anda bisa mencari tahu di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat. Cara pembuatan kartu keluarga baru untuk mendapatkan nomor kartu keluarga dilakukan dengan menyertakan beberapa dokumen pendukung. Pembuatan kartu keluarga baru dilakukan apabila seseorang baru saja menikah, sehingga sebagai keluarga baru mereka harus memisahkan diri dari kartu keluarga orang tuanya. 

Apabila pembuatan kartu keluarga di kota atau wilayah yang berbeda dengan domisili awal, maka Anda harus menyertakan pengantar surat pindah dari domisili asal. Anda juga harus menyertakan surat pengantar pembuatan KK baru dari RT/RW atau pejabat berwenang setempat. Syarat pembuatan kartu keluarga diantaranya mengisi berbagai formulir yang pengisiannya akan dibantu atau dilakukan oleh pihak kelurahan atau desa setempat. Anda cukup melampirkan berbagai dokumen seperti surat pindah, KK lama, KTP asli dan sebagainya.

Cara mencari nomor kartu keluarga online nampaknya memang belum bisa dilakukan, karena system online untuk mendapat nomor kartu keluarga atau membuat kartu keluarga baru belum memungkinkan. Hal ini karena berbagai prosedur harus dilewati, misalnya syarat-syarat surat asli sebagai bahan dalam mengajukan permohonan kartu keluarga baru. Untuk lebih jelasnya Anda bisa mendatangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil terdekat dan mengikuti prosedur yang ditetapkan.