Sabtu, 01 Januari 2022

Cara Mengetahui Freon AC Habis Pada Mobil

Cara Mengetahui Freon AC Habis Pada Mobil -  Keberadaan AC pada mobil tentu sangat penting. AC dapat memberi kenyamanan bagi para penumpang selama dalam perjalanan. Jika AC tersebut tiba-tiba kehabisan Freon, maka tentu saja kenyamanan penumpang juga akan sangat terganggu. Karena itu cara mengetahui Freon AC habis menjadi sangat penting. Tanda-Tanda dari AC mobil yang akan habis bisa diketahui melalui kompresor AC dan juga Sightglass. 

cara mengecek kebocoran ac mobil,cara cek freon ac mobil,isi freon ac mobil,biaya isi freon ac mobil,freon ac mobil berapa bulan sekali,tekanan freon ac mobil,harga isi freon ac mobil kijang,
Cara Mengetahui Tagihan Kartu Kredit BNI
Mengetahui Tanda Freon AC Akan Habis Dari Kompresor AC
Kinerja kompresor AC pada mobil bisa menjadi tanda freon AC habis. Kompresor ini hanya dapat bekerja jika Pressure Switch terhubung. Pressure Switch itu sendiri merupakan sebuah saklar yang memiliki sensor dan ditanam pada sebuah pipa bertekanan tinggi, atau pada Receiver Drive. Tekanan dari freon pada pipa inilah yang akan tertangkap oleh sensor untuk kemudian membuat Pressure Switch terhubung. Jika freon AC mulai habis, maka saklar tidak akan terhubung dan akibatnya kompresor pun tidak akan bekerja.

Dari uraian diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa cara mengetahui Freon AC habis bisa dilihat dari kondisi kompresor AC pada mobil. Jika kompresor tersebut tidak mau bekerja atau bahkan berputar, itu tandanya freon akan segera habis. Walaupun kompresor masih berputar, tidak akan terasa dingin dan hanya terasa hembusan anginnya saja. Selain dari kompresor, Extra Fan yang terdapat pada mobil juga menjadi tidak berputar akibat dari tidak terhubungnya saklar yang terdapat pada Pressure Switch. 

Mengetahui Tanda Freon AC Akan Habis Dari Sightglass
Selain dari kinerja kompresor AC, kita juga dapat mengetahui jumlah freon melalui pemeriksaan sightglass secara manual. Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menghidupkan mesin mobil, kemudian jika terlihat adanya gelembung dengan warna putih pada saat idle yang berubah bening ketika digas, itu pertanda jumlah Freon masih cukup banyak. Tetapi jika jika gelembung dengan warna putih tersebut masih ada ketika mesin digas, itu menjadi ciri ciri freon AC habis atau kurang. 

Selain kedua hasil pengecekan tersebut, terdapat pula kemungkinan hasil yang lain. Kemungkinan tersebut adalah sightglass terlihat bening saat idle maupun ketika mesin digas. Jika diperoleh hasil seperti itu, bisa diketahui bahwa jumlah freon terlalu banyak. Pemeriksaan jumlah freon juga bisa dilakukan dengan cara yang lebih akurat dengan menggunakan alat khusus yang bernama Manometer Gauge. 

Pemeriksaan freon AC memang harus dilakukan secara akurat. Kita tidak bisa begitu saja menambah freon tanpa melakukan pemeriksaan yang menyeluruh. Hal ini dikarenakan cara mengetahui freon AC habis diatas bisa memberikan dua kemungkinan. Kemungkinan yang pertama adalah jumlah freon yang memang sudah tinggal sedikit atau akan habis. Kemungkinan yang kedua adalah freon tidak dapat masuk secara maksimal dikarenakan banyaknya oli yang berada pada sistem AC.