Sabtu, 01 Januari 2022

Cara Mengetahui Nomor Peserta UN Secara Online

Cara Mengetahui Nomor Peserta UN -  Ujian Nasional adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk para siswa dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK untuk dapat lulus dari jenjang pendidikannya. Siswa harus siap baik secara fisik maupun mental dalam menghadapi Ujian Nasional. Setiap siswa yang telah terdaftar dalam sebuah lembaga pendidikan formal dapat mengikut Ujian Nasional yang telah didaftarkan oleh sekolahnya. Jadi, setiap siswa akan mendapatkan nomor peserta ujian nasional nantinya. Cara mengetahui nomor peserta UN dapat dilakukan secara online.

cara mengetahui nomor ujian nasional,nomor peserta un,cek peserta un,nomor peserta ujian nasional sekolah dasar,nomor ujian nasional smp,nomor peserta un smp,cara melihat hasil un di internet,
Cara Mengetahui No Rekening BCA Sendiri
Mengetahui nomor peserta UN dilakukan untuk mengecek data SKHUN yang akan diberikan pada siswa nantinya. Jika nomornya tidak sesuai, hal ini akan menyebabkan masalah di kemudian hari. Jadi, sebelum SKHUN diserahkan kepada siswa, mengecek semua kebenaran yang terdapat di dalamnya termasuk nomor peserta UN penting untuk dilakukan. Jika terjadi kesalahan, maka segeralah untuk diperbaiki. Jika kesalahan tidak terdeteksi dari awal akan memerlukan proses untuk membenarkannya kembali. Padahal SKHUN akan digunakan siswa untuk syarat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Mencari tahu nomor peserta ujian nasional biasanya juga dilakukan oleh guru untuk mempersiapkan ujian nasional yang akan diadakan di sekolah. Guru harus mempersiapkan dengan melakukan serangkaian kegiatan untuk menghadapi Ujian Nasional siswa. Biasanya, nomor peserta ujian akan diinformasikan secara langsung ke sekolah-sekolah yang bersangkutan. Semua siswa di seluruh Indonesia yang akan menjalani Ujian Nasional pasti akan mendapatkan nomor urut. Mencari nomor peserta ujian nasional juga dapat dilakukan secara online. Bagaimanakah caranya?

Cara Mengetahui Nomor Peserta UN Secara Online
Lalu, bagaimanakah cara mengetahui nomor peserta UN? Sebelumya, pastikan nomor peserta sudah terdaftar dalam aplikasi Dapodik atau telah memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). NISN bisa didapatkan setelah melakukan serangkaian hal melalui verifikasi dan validasi mulai dari tingkat satuan pendidikan sampai tingkat pusat. Jika siswa telah memiliki NISN, nantinya nomor peserta UN dapat dicek dengan mudah secara online. Caranya adalah sebagai berikut:

Bukalah link http://pd.data.kemendikbud.go.id kemudian lakukan log in.
Setelah melakukan log in, maka masukkanlah username dan password pada kolom yang telah tersedia. Untuk diketahui bahwa username dan password yang dimasukkan adalah username serta password yang digunakan untuk log in pada aplikasi Dapodik.

  • Ketika muncul daftar kelas, pilih icon kelas yang ingin dicari.
  • Export pdf pada kolom yang tersedia untuk menyimpan data.
  • Cek kembali Nomor Ujian Nasional apakah sesuai dengan SKHUN dan NISN atau tidak.

Cara mengetahui nomor peserta UN tersebut cukup sederhana dan pasti mudah untuk dilakukan. Ceklah terlebih dahulu data nomor peserta UN dengan SKHUN siswa agar dapat dipergunakan siswa dengan sebenar-benarnya. Jika tidak di cek, hal tersebut justru akan merepotkan di kemudian hari karena harus melakukan revisi atau pembenaran.