Sabtu, 01 Januari 2022

Cara Mengetahui Akreditasi Kampus Secara Online

Cara Mengetahui Akreditasi Kampus - Akreditasi kampus adalah salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih perguruan tinggi. Akreditasi dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Semua program studi kampus baik swasta maupun negeri selalu dinilai secara berkala oleh BAN PT. Status akreditasi ini merupakan salah satu ukuran untuk menunjukkan bagaimana kualitas dan pengelolaan program studi yang bersangkutan. Nah, agar Anda tidak salah pilih program studi kampus tujuan, cobalah cara mengetahui akreditasi kampus.

hasil akreditasi program studi,akreditasi institusi,ban pt akreditasi institusi,perguruan tinggi swasta,borang akreditasi ban pt,cara download sertifikat akreditasi ban pt,akreditasi ban pt,
Cara Mengetahui Wifi Yang Dipassword
Cara mengecek status akreditasi perguruan tinggi bisa dilakukan secara online dengan mudah di Badan Akreditasi Nasinal. Website BAN PT menyediakan semua informasi status akreditasi seluruh program studi. Baik itu pada Perguruan Tinggi Negeri, Swasta, Sekolah Tinggi, Universitas, Institut, Politeknik, Akademi dan sederajat. Tidak hanya status akreditasi saja yang bisa diketahui public, Anda juga bisa mengetahui batas kadaluarsa status akreditasi tersebut. Karena bisa jadi statusnya sudah berubah atau expired. 

Cara mengetahui akreditasi kampus sangat penting agar Anda tidak memilih jurusan dengan akreditasi yang masih rendah. Akreditasi ada yang A, B, C hingga D. Bahkan ada kampus-kampus yang belum terakreditasi. Jika Anda melanjutkan studi di program studi dengan akreditasi yang rendah atau belum terakreditasi, maka ada kemungkinan Anda akan sulit mendapatkan pekerjaan. Selain itu, proses perkuliahan mungkin belum memiliki kualitas yang terstandarisasi, sehingga hasilnya bisa tidak memuaskan.

Sayang bukan jika Anda bayar mahal, dan menghabiskan waktu serta energy selama beberapa tahun hanya untuk studi di program studi yang kurang berkualitas? Karena itu mengetahui manfaat akreditasi kampus sangat dibutuhkan agar waktu Anda tidak sia-sia. Hal lain yang perlu diketahui, akreditasi program studi di kampus unggulan tidak selalu tinggi semua. Sebaliknya, walaupun universitasnya kelihatan biasa saja, bisa jadi pada program studi tertentu mereka justru memiliki nilai memuaskan. 

Cara melihat status akreditasi kampus cukup dengan membuka website resmi BAN PT yaitu http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php. Kemudian silakan pilih wilayah, jenjang studi apakah S1,S2, Diploma an seterusnya. Jika sudah, Anda tinggal memasukan nama universitas atau perguruan tinggi, berikut nama program studi yang akan Anda pilih. Pada bagian tanggal kadaluarsa SK akreditasi silakan pilih semua. Kemudian pilih status akreditasi program studi tersebut. Jika sudah, klik Cari.

Situs BAN PT tersebut akan menampilkan hasil akreditasi program studi yang Anda tuju, berikut kapan kadaluarsanya. Dengan demikian, Anda bisa mempertimbangkan apakah Anda akan melanjutkan studi pada program studi tersebut atau memilih jurusan lainnya. Cara mengetahui akreditasi kampus ini semoga bisa membantu Anda dalam mengambil keputusan terbaik menyangkut masa depan Anda. Perlu dicatat, status akreditasi tidak 100 % bisa dijadikan penilaian mutlak terhadap kualitas program studi kampus. Ada baiknya Anda juga mencari informasi lainnya agar semakin mantap dalam memilih.