Sabtu, 01 Januari 2022

Hati-Hati Penipuan, Begini Cara Mengetahui PIN SMS Banking Mandiri Yang Aman

Layanan SMS Banking Mandiri adalah layanan yang diberikan Bank Mandiri kepada nasabah Bank Mandiri agar nasabah dapat lebih mudah melakukan aneka transaksi perbankan melalui ponsel. Anda mungkin sudah menikmati berbagai kemudahan dalam menggunakan SMS Banking Mandiri. Namun bagaimana jika suatu ketika kita lupa dengan PIN SMS banking? Bagaimana cara mengetahui PIN SMS Banking Mandiri yang terlupa? Simak penjelasan berikut agar Anda bisa mendapatkan PIN Anda kembali.
Saat Anda mengajukan aplikasi agar bisa memanfaatkan layanan SMS Banking, Anda akan mendapatkan PIN. Sama halnya dengan PIN ATM, PIN pada SMS Banking juga sangat dibutuhkan dalam semua aktivitas atau transaksi menggunakan layanan SMS Banking. Jika Anda tiba-tiba lupa PIN Anda, tentu hal ini akan cukup merepotkan. PIN Anda bisa saja disalahgunakan, apalagi jika Anda mungkin meletakkan PIN di handphone lalu handphone Anda hilang. Bahaya bukan, jika ada orang tak bertanggung jawab yang menguras rekening Anda?

Cara mengetahui PIN SMS Banking Mandiri yang terlupa, pertama Anda harus menghubungi segera pihak Bank Mandiri terdekat, atau melalui nomor telepon Mandiri Call 24 jam di 14000 untuk unblok maupun permintaan pengiriman ulang PIN Mandiri SMS via SMS. Customer service akan segera melayani Anda dengan baik. Pihak bank mungkin akan melakukan beberapa prosedur untuk melakukan konfirmasi apakah Anda adalah betul-betul nasabah Bank Mandiri pemilik rekening yang asli. 

Anda sebaiknya mengikuti petunjuk dan prosedur mendapatkan PIN SMS Banking Mandiri Anda kembali. Pihak Bank pastinya akan berhati-hati. Demi keamanan, Anda sebaiknya melakukan blokir terhadap rekening Anda, apalagi jika disertai dengan kehilangan handphone berisi PIN, ATM dan sejenisnya. Jika tidak masalah, Anda bisa segera pergi ke kantor Bank Mandiri terdekat untuk meminta PIN yang baru dengan membawa bukti-bukti seperti KTP atau kartu identitas asli, buku rekening dan sebagainya. 

Cara mendapatkan PIN ATM Bank Mandiri juga sama. Ketika Anda lupa PIN ATM Anda kemudian memasukan PIN yang salah selama 3 kali berturut-turut, maka secara otomatis pihak Bank Mandiri akan memblokir ATM Anda. Hal ini dilakukan pihak bank sebagai antisipasi apabila ada pihak yang tidak bertanggung jawab menggunakan ATM Anda tanpa Anda ketahui. Blokir biasanya akan dilakukan selama 1x24 jam. Nah, jika Anda masih tidak ingat PIN Anda, hubungi nomor Bank Mandiri diatas atau pergi ke cabang dimana Anda membuka rekening. 

Anda bisa mendapatkan kembali PIN baru termasuk ATM atau buku tabungan yang baru jika hilang. Cara mengetahui PIN SMS Banking Mandiri mudah bukan? Anda sebaiknya hanya menghubungi nomor layanan Bank Mandiri yang resmi dan hati-hati terhadap penipuan. Jangan memberikan informasi-informasi penting melalui telepon seandainya Anda ragu-ragu. Akan lebih baik jika Anda mendatangi langsung bank Mandiri terdekat untuk mendapatkan layanan yang Anda butuhkan.