Sabtu, 01 Januari 2022

Cara Mencari F Tabel Secara Manual dan Sederhana

Cara Mencari F Tabel -  Statistik adalah ilmu yang biasanya membingungkan atau membuat pusing banyak orang. Hal ini karena kita harus melakukan berbagai rumus untuk menemukan penghitungan yang akurat dan tepat. Biasanya untuk mengolah data statistik pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana cara mencari F Tabel secara manual. F Tabel bisa dicari melalui tabel manual, SPSS maupun dihitung dengan rumus tertentu menggunakan Microsoft Excel. 

cara membaca f tabel,cara membaca tabel t,t tabel,tabel f lengkap doc,cara mencari f tabel dengan spss,tabel f 0,01,cara mencari f tabel dengan excel,cara membaca tabel f anova,
Cara Mendeteksi Virus di Laptop
Uji statistik adalah mengolah data mentah untuk mendapatkan rerata atau mean, atau angka yang kemudian akan menjadi bahan pertimbangkan dalam hipotesis. Karena itu statistik sangat penting untuk dipelajari. Cara menentukan tabel F biasanya adalah yang paling sulit dibandingkan mencari T tabel. Untuk mendapatkan nilai statistik tabel F, kita akan berhadapan dengan apa yang disebut derajad kebebasan (dk). 

Cara mencari F Tabel secara manual beda dari cara mencari tabel T. Dalam uji t, penentuan derajad kebebasan lebih mudah. Karena kita cukup mengurangkan jumlah sampel dengan 1 (n – 1). Misalnya jika jumlah sampel 50, maka derajad kebebasannya adalah 50 – 1 = 49. Namun pada tabel F, terdapat dua derajad kebebasan (DK), yaitu derajad kebebasan pembilang (numerator) yang ada dibagian atas tabel serta derajad kebebasan penyebut (denuminator) yang posisinya disamping kiri tabel.

Jadi, apa yang dimaksud derajad kebebasan pembilang (numerator) adalah disebut juga sebagai derajad kebebasan antar perlakuan. Dalam notasi matematika ditulis sebagai (k - 1). dengan ‘k’ adalah jumlah perlakuan. Sementara itu derajad kebebasan penyebut denumerator adalah derajad kebebasan kekeliruan eksperimen. Dalam notasi matematika ditulis ∑(ni – 1). Sejauh ini apakah Anda sudah mengerti?

Misalnya kita memiliki 15 orang responden yang dibagi dalam 3 kelompok secara merata 5 orang. Maka, cara mendapatkan berapa nilai numerator dan nilai denominator adalah, nilai numerator dengan rumus k – 1 atau 3 -1 = 2. Sedangkan untuk mencari nilai denominator, Anda bisa mendapatkannya dari penjumlahan derajat kebebasan DF setiap kelompok. Dari setiap kelompok Dfnya berarti 4 yang merupakan hasil dari jumlah anggota kelompok dikurang satu. Karena ada tiga kelompok, maka jumlahnya adalah 3 x 4 = 12.

Nah sekarang cara mencari F Tabel secara manual adalah cobalah cek tabel manual Anda untuk mencari nilai F tabel dengan α = 0,01. Silakan Anda coba melihat kolom numerator (pembilang) yang merupakan kolom deret dibagian atas. Kemudian silakan mencari angka 2. Jika sudah, cobalah lihat kolom denominator (penyebut) yang berada dibagian kanan lalu carilah angka 12. Lalu Tariklah garis lurus dari angka 2 dan 12 hingga ketemu di satu titik. Maka Anda akan sampai ke angka 6,93. Nah, nila F Tabel sudah ketemu, mudah bukan?