Sabtu, 01 Januari 2022

Cara Mengetahui Mac Addres di Smartphone Android dan Laptop

Cara Mengetahui Mac Addres - Smartphone, laptop dan perangkat-perangkat lainnya memiliki sebuah identitas yang disebut Mac Address atau Physical Address. Media Access Control Address atau Mac Address ini merupakan alamat fisik dari sebuah interface jaringan yang sifatnya unik serta diberikan oleh pihak pabrik yang membuat NIC atau Network Interface Card. Mac Address tersebut disimpan pada ROM secara permanen. Beberapa cara mengetahui Mac Addres dapat digunakan untuk mengetahui identitas yang ada pada smartphone ataupun laptop.

cara melihat mac address android samsung,cara mengetahui mac address orang lain,wifi orang lain,cara melihat mac address windows 7,alamat mac wifi android hilang,mac address laptop,
Cara Membaca T Tabel dan Menentukan Nilai T
Cara Untuk Mengetahui Mac Address di Smartphone Android
Mac Address yang terdapat pada masing-masing perangkat memang berbeda-beda. Tetapi fungsi dari semua kode unik ini sama, yaitu untuk mencegah para pengguna asing yang tidak diinginkan melakukan akses jaringan dari router nirkabel pada perangkat. Untuk mengetahui alamat fisik dari perangkat-perangkat tersebut, terdapat cara melihat Mac Address Android yang bisa diterapkan pada sebuah smartphone. 

Cara mengetahui Mac Addres tersebut adalah dengan masuk ke menu ‘Pengaturan’, lalu membuka wifi. Jika telah keluar daftar dari nama-nama wifi, maka pilih menu pada pojok bagian atas diikuti dengan memilih advance. Setelah itu, Mac address yang ada dalam perangkat dapat diketahui dengan membuka Advance tersebut. Jika yang dibuka adalah advance wifi, maka Mac Address dari wifi dapat diketahui. Jika yang dibuka adalah advance Bluetooth, maka Media Access Control Address dari Bluetooth dapat diketahui. 

Cara Untuk Mengetahui Mac Address di Laptop
Selain pada smartphone, kita juga bisa mengetahui Media Access Control Address melalui cara cek Mac Address laptop. Dari sekian banyak sistem operasi yang digunakan, kita akan memilih Windows XP dan Windows 7 dalam pembahasan kali ini. Kedua jenis Windows ini memang menjadi sistem operasi yang banyak digunakan di tanah air. Walaupun tentu saja, Mac Address yang terdapat di Windows 10 juga bisa diketahui dengan mudah.

Untuk mengetahui Mac Address pada Windows XP kita bisa memulai dengan memilih start menu. Setelah itu pilih ‘Run’, lalu ketik cmd dan lanjutkan dengan menekan enter. Dengan demikian Command Prompt akan terbuka. Selanjutnya masukkan perintah ‘ipconfig/all’ yang diketik tanpa tanda kutip. Setelah itu, akan muncul sebuah tampilan yang memuat Mac Address atau Physical Address yang terdapat pada perangkat. 

Berikutnya adalah cara mengetahui Mac Addres pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows 7. Langkah yang harus dilakukan adalah klik ‘Start’, lalu ‘Control panel’ dilanjutkan dengan mengklik ‘View Network Status’. Lanjutkan dengan mengklik ‘LAN/WLAN’. Jika muncul ‘Windows Wifi Status’ kita harus mengklik ‘Details’ agar dapat melihat Mac Address atau Physical Address dari jaringan wifi komputer tersebut. Dengan menggunakan cara yang sama, Mac Address dari jaringan Bluetooth juga bisa kita ketahui dengan mudah.