Sabtu, 01 Januari 2022

Cara Mendeteksi Virus di Laptop dan Membersihkannya

Cara Mendeteksi Virus di Laptop - Bagi Anda pengguna laptop, Anda mungkin sudah sering mendengar kata virus. Iya, virus komputer adalah aplikasi dalam bentuk sangat mini yang bisa merusak atau mengganggu program komputer Anda bahkan bisa membuatnya mati. Komputer, laptop, netbook bahkan smartphone bisa terkena virus. Virus-virus ini bisa mudah sekali berpindah dari satu piranti ke piranti lainnya. Cara mendeteksi virus di laptop atau komputer sebenarnya tidak sulit seandainya Anda cukup peka dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada laptop Anda.

cara menghapus virus di laptop windows 7,cara membersihkan virus di laptop dengan smadav,tanpa menggunakan antivirus,laptop windows 8,dengan cmd,laptop acer,tanpa instal ulang,secara manual,
Cara Mengetahui Posisi No HP Lewat Satelit
Ciri-ciri laptop terinfeksi virus ada bermacam-macam. Namun yang paling gampang diamati dan dirasakan adalah adanya perubahan pada tampilan. Misalnya muncul gambar-gambar aneh dilayar saat sedang digunakan. Laptop yang terkena virus biasanya juga jadi lemot ketika sedang menjalankan program. Terkadang bukan hanya lemot atau lambat tetapi sampai hang atau beku. Jika terkena virus, ada program-program yang tidak bisa dijalankan. Karena kemungkinan program tersebut rusak. 

Cara mendeteksi virus di laptop berikutnya adalah dengan melihat adanya ciri-ciri laptop bervirus. Virus tertentu senang menduplikasi folder, menyembunyikan, bahkan menghilangkan folder. Jadi cobalah amati dan cek folder-folder yang Anda miliki. Jika suatu saat Anda menemukan ada folder dengan nama-nama aneh yang tidak Anda kenali, atau data-data dalam folder hilang maka bisa dipastikan laptop Anda sedang sakit karena virus. 

Anda sebetulnya bisa menggunakan antivirus untuk laptop, baik yang berbayar maupun gratis. Antivirus ini bisa mendeteksi adanya virus sekaligus menghapus atau mengkarantina virus agar tidak merusak atau mengganggu laptop Anda. Ada berbagai merek antivirus baik lokal maupun mancanegara yang bisa Anda download. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi laptop Anda. Karena ada virus yang berat sehingga justru memperlambat kerja laptop nantinya. 

Cara mendeteksi virus di laptop berikutnya, yaitu dengan mengecek melalui CMD atau Command Promt. Caranya, buka CMD melalui RUN, ketikkan cd\ tekan enter. Lalu, lanjutkan dengan ketikkan C: kemudian tekan enter. Jika sudah ketikkan attrib dan tekan enter. Setelah itu dilayar Anda akan muncul nama-nama file. Cobalah periksa jika ada nama-nama file yang aneh, baik tanggal terinstal, ekstensi maupun namanya. Kemungkinan file-file tersebut adalah virus. Untuk menghapus virus tersebut silakan ketik: DEL C:\nama filenya.exe kemudian enter.

Nah, cara mendeteksi virus di laptop mudah bukan? Jika Anda masih kesulitan, atau Anda merasa komputer Anda bervirus namun Anda sulit untuk menemukan file-file aneh dengan cara diatas, maka gunakan antivirus. Sementara itu, apabila laptop Anda sudah sangat parah kondisinya, dimana tidak mau booting, tidak mau masuk ke Windows atau menjalankan program, silakan lakukan penginstalan ulang atau format ulang. Gunakan software asli bukan bajakan untuk mendapatkan hasil terbaik dan aman.